Perawatan Bibit Bawor

Perawatan Bibit Bawor
Perawatan Bibit Bawor - Selamat berjumpa lagi dengan saya, melanjutkan postingan saya tentang Durian Bawor Yogyakarta Berbuah Tidak Mengenal Musim, kali ini saya akan membahas tentang Perawatan Buah Durian Bawor Bhinneka Dimana setelah pohon durian bawor berbuah perlu dilakukan langkah perawatan. Diantaranya adalah :
1. Setelah buah pada pohon durian berukuran diameter 5 cm, sisakan 2 buah saja yang menurut anda terbaik. Karena jarak ideal antar buah adalah 30 cm.
2. Untuk pohon yang baru pertama kali berbuah, lebih baik di sisakan 1 atau 2 buah durian saja, untuk menjaga agar buah tidak rontok pada usia 10 hari setelah terbentuknya buah durian.
 Lalu Gunakan :
  • Pupuk NPK = 0.5 - 1 Kg
  • Pupuk POWER NUTRITION = 1 BOTOL/30-50 btg pohon.
Setelah semua dilakukan, lakukan juga langkah pengendalian hama dan pengendalian penyakit buah durian. Untuk itu, kita perlu mengenali terlebih dahulu hama dan penyakit yang biasanya menyertai pohon durian bawor kita, diantaranya adalah :
HAMA :
1. Penggerek Batang , Bisa dilihat dari hasil perbuatan si penggerek ini dari adanya lubang yang terdapat pada batang pohon durian bawor, bisa juga pada dahan maupun rantingnya.
    Kerugian : Pohon yang terinfeksi akan menjadi layu, daun akan mengering dan kemudian rontok lama kelamaan akan mati.
    Solusi : 
  • Sanitasi kebun, Potong dan Musnahkan batang, dahan hingga ranting yang terinfeksi.
  • Tutup bekas Potongan dengan menggunakan PESTONA + POC NASA dengan cara dilumurkan menggunakan kapas dan lebih ringan dengan cara disemprotkan saja.
 2. Penggerek Buah, Bisa kita lihat dari buah yang busuk serta berulat hingga akhirnya rontok.
    Solusi :
  • Semprot buah dengan PESTONA/PENTANA + AERO 810 semenjak usia buah mencapai 1 minggu.
  • Serta gunakan Natural Metilat.
3. Kutu Putih , hama ini menyerang pohon durian dengan cara menghisap cairan pohon serta menimbulkan penyakit embun jelaga yang diperparah dengan adanya bantuan semut. Bisa kita lihat dari daun durian yang terlihat mengkeriting dan mengenaskan sehingga lama-kelamaan daun serta buah akan rontok dengan sendirinya.
 Solusi :
  • Semprotkan PESTONA/PENTANA + AERO 810 secara bergantian.
4. Ulat Daun, Bisa langsung dilihat dari ulat yang memakan daun sehingga daun menjadi berlubang dan kemudian rusak. 
Solusi :
  • Semprotkan PESTONA/PENTANA + AERO 810 secara bergantian.
Demikian ulasan Perawatan Bibit Bawor, untuk informasi tentang penyakit Buah Durian Bisa Anda baca pada artikel Penyakit Yang Biasa Menyerang Pada Buah Durian.